Sabtu, 12 Desember 2020

Tugas Kewirausahaan tentang "Consumer Insight"

 Kewirausahaan 

Tugas Perkuliahan sesi 10

 

1.  Pengertian consumer insight itu sendiri adalah suatu langkah-langkah atau proses mencari tau secara lebih detail dan juga mendalam tentang keinginan, jalan pikiran, serta perilaku konsumen yang berhubungan dengan sebuah produk suatu usaha atau hal lain sebagainya.

Lalu, manfaat customer insight bagi perusahaan yakni customer insight digunakan untuk menguji hasil suatu kreativitas produk usaha tanpa berusaha untuk menyesuaikan hasil karya dimaksud agar memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, Consumer Insight hanya digunakan untuk menyusun strategi pemasaran dan komunikasi iklan untuk produk-produk yang sudah dikembangkan tersebut. Selain itu, Consumer Insight juga digunakan untuk mendapatkan data statistik existing konsumen agar mengenali segmen konsumen-konsumen pengguna produk.

 

2.   Cara mendapatkan consumer insight adalah antara lain :

-          Mengamati para konsumen dan memahami apa yang mereka lakukan ataupun inginkan pada produk-produk usaha yang ditawarkan kepada mereka,

-          Bertanya kepada konsumen ataupun memberikan suatu wawancara dengan berbagai pertanyaan untuk membantu menambah masukan yang berhubungan dengan consumer insight,

-          Atau membayangkan diri sendiri sebagai konsumen untuk mencoba ataupun menambah informasi, lalu pikirkan hal yang logic yang sesuai dengan pemikiran konsumen lain.

 

3.    Salah satu contoh consumer insight pada sebuah produk adalah :

Consumer insight produk Koko Krunch memiliki konsep promosi produk yang menyampaikan bahwa sereal produk ini mengandung bahan-bahan yang bervitamin dan menyehatkan bagi tubuh anak yang akan memulai harinya di pagi hari untuk menjalani aktivitas diluar. Sehingga consumer insight Koko Krunch ini mengubah pla pikir konsumen untuk selalu memberikan anak-anak sarapan pagi terutama dengan sereal produk tersebut agar anak-anak bersemangat dan berenergi saat berangkat ke sekolah.

Dari penyampaian diatas, diketahui bahwa Consumer insight produk Koko Krunch termasuk yang memiliki insight positif karena memberikan pola pikir yang baik untuk para konsumen terutama bagi para orang tua yang memiliki anak untuk selalu berpikir bahwa sebaiknya selalu memberikan sarapan yang bergizi bagi anak-anaknya agar anak-anaknya selalu kuat dan sehat.

.

.

.

.

.

.

https://dosen.esaunggul.ac.id/cicilia-bangun

1 komentar: